Saturday, January 23, 2016

Praktikum MSI (Method of Successive Interval) Menggunakan Excel


Berikut ini saya unggah file praktikum MSI (Method of Successive Interval) yang kerap digunakan oleh para akademisi di bidang ilmu Manajemen, dalam upaya mengkonversi data Ordinal menjadi Interval. Meng-convert data dari Ordinal menjadi Interval memang menjadi perdebatan yang cukup hangat, terdapat pro dan kontra. Dalam hal ini saya mengesampingkan perdebatan itu dan hanya berniat ingin berbagi sedikit hal yang saya pahami mengenai teknik MSI ini, melalui file praktikum MSI dengan menggunakan Excel.
Semoga bermanfaat :)
Salam
Belajar dan Berbagi bersama Budi Setiawan

Praktikum MSI (Method of Successive Interval) menggunakan Excel:
  1. MSI = Method of Successive Interval
  2. Dianggap sebagai prosedur sah untuk mengkonversi data Ordinal (skala Likert) menjadi Interval, untuk teknik analisis parametrik (misal korelasi pearson, regresi linear)... Topik "panas" Likert: Ordinal vs Interval? :-D
  3. Tahapan-tahapannya adalah dengan menghitung:
  • Frekuensi
  • Proporsi
  • Proporsi kumulatif
  • Nilai z
  • Nilai densitas fungsi z
  • Scale value
  • Penskalaan



11 comments:

  1. Kalau skala 7 gimana Pak Budi, apa saya tinggal menambahkan nya saja di kolom skala 1 sd 5 ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eri
      Terima kasih sudah mampir di blog ini. Benar, jika anda memiliki skala 7, sesuaikan saja dari template yang sudah saya sediakan.
      Oke sukses ya

      Delete
  2. Makasi Pak Budi respon nya, itu yang dikolom nilai Z Score pada skala 5 kenapa berhenti di Baris 4 ya ? Apa kalau saya jadiin skala 7 berhenti di Baris 6 ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Post yang sangat bagus pak Budi, saya pengembang syntax untuk DSL R. Baru - baru ini saya mengmbangkan source code untuk MSI memakai R..n works perfectly. Jika berkenan bisa sharing bapak. Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Pak budi saya mau tanya, sebenarnya yang membuat aplikasi msi versi exel itu siapa ya pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Boleh minta softwarenya pak?

    ReplyDelete
  6. Guide And Tutorial Method of Successive Interval (MSI)
    https://www.youtube.com/watch?v=u2oUWFFdpyE
    #olahdatasemarang

    ReplyDelete
  7. Setelah mencari-cari kesana-kemari Add-Ins Ms Excel tidak ketemu, alhamdulillah menemukan ini. Terimaksih banyak Pak, sangat membantu sekali, rumusnya bekerja dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Pak, kalau saya menpunyai responden sebanyak 83 orang ini gimana memasuka semua hasil kuesionernya.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum. bapak, bolehkah saya minta link softwarenya?

    ReplyDelete