Tuesday, August 26, 2014

One-Sample T Test

Tujuan:
membandingkan nilai rerata (mean), ketika nilai parameter tidak diketahui, mengambil nilai statistik dari sampel yang digunakan.

Syarat: 

  1. simpangan baku populasi (σ) tidak diketahui, 
  2. skala pengukuran rasio/interval, dan 
  3. data berdistribusi normal.
Rumus:



Contoh:
Seorang peneliti ingin mengetahui apakah target konsumen pada setiap jenis komunitas yang diikuti, bersedia membayar (willingness to pay) dari sebuah produk minuman rasa baru, dengan harga lebih dari Rp.10.000?

Dari hasil output software diketahui sebagai berikut:




Kesimpulan akhir adalah hanya pada responden yang tergabung dalam jenis komunitas kuliner, yang bersedia untuk membeli atau membayar lebih dari Rp.10.000 pada produk yang ditawarkan perusahaan. Hal ini disebabkan nilai Sig pada jenis komunitas kuliner = 0,000 < alpha (0,05)

0 comments:

Post a Comment