Saturday, June 20, 2015

E-book Gratis: Teknik Hitung Manual Analisis Regresi Linear Berganda Dua Variabel Bebas

Sekapur Sirih

Alhamdulillahirobbil alamiin… segala puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, e-book ini dapat saya tulis dan pada akhirnya sampai ke tangan anda semua. Pada e-book ini saya menulis secara singkat mengenai teknik hitung manual analisis regresi linear berganda (2 variabel bebas). Motivasi saya menulis e-book ini adalah dalam upaya belajar dan berbagi dan sebagai ikhtiar saya agar sedikit ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, e-book ini juga sebagai koreksi kesalahan teknis cetak yang terdapat pada buku saya yang pertama.  
  
Analisis regresi linear berganda yang dilakukan secara manual sebagaimana dijelaskan pada e-book ini oleh sebagian orang dianggap sulit. Hal ini tidaklah salah, mengingat diperlukan pemahaman perhitungan matematika yang baik, misalnya dalam menghitung nilai matriks determinan dan menyelesaikan persamaan normal dengan menggunakan metode eliminasi. Itulah mengapa pada aplikasinya kita membutuhkan bantuan software olahdata statistik, agar data statistik yang ada dapat diolah secara cepat dan tepat. Banyak tersedia software olahdata statistik, dari mulai yang berbayar hingga yang gratis (open source). Namun demikian pemahaman dasar tentang teknik analisis regresi linear berganda (yang dibahas pada e-book ini) secara manual akan sangat membantu kita dalam memahami output hasil analisis data dengan menggunakan software. 


Salah satu software yang dapat dipertimbangkan untuk dipilih dan digunakan dalam analisis data statistisk adalah IBM-SPSS atau yang lebih dikenal dengan nama SPSS. Untuk dapat mengoperasikan dengan baik, saya menyarankan anda untuk membaca buku terkait cara menggunakan software SPSS yang banyak tersedia di pasaran. Salah satu referensi yang dapat anda pertimbangkan adalah buku saya yang berjudul Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis dengan SPSS” yang diterbikan oleh Penerbit ANDI Yogyakarta (2015)

Segala kebenaran yang tertulis pada buku maupun e-book ini sepenuhnya berasal dari Allah SWT, sedangkan segala kesalahan dan kealpaan yang terjadi adalah bersumber dari kebodohan saya sebagai penulis. E-book ini dapat diunduh dan disebarluaskan secara GRATIS, saya izinkan dan ikhlaskan selama tidak untuk kepentingan komersial dan tidak mengubah sebagian maupun seluruh isi dari e-book ini.

Demikian, semoga bermanfaat. 
“Ya Allah tambahilah ilmuku dan pertinggikanlah kecerdasanku”
“Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan jelaskanlah lisanku agar orang-orang memahami perkataanku”
Ammiin Yaa Robbal Alamiin

Bagi anda yang berminat mengunduh e-book gratis ini, silahkan klik di sini

1 comments:

  1. link gdrivenya tolong di bikin shareable, jd bisa di donlod langsung

    ReplyDelete