Wednesday, February 13, 2019

9 Tips family Backpacker

9 Tips family Backpacker
-----------------------------------------
  1. Tiket pesawat LCC di "tanggal emas" (akhir pekan/ libur), cenderung lebih murah di flight malam hari.
  2. Jika memutuskan ikut flight malam dan tidak ada budget buat menginap di hotel bandara (you know lah tarif hotel bandara), pastikan bandara cukup layak untuk "numpang nginep" (ada sofa, karpet, air minum).
  3. Sebaiknya usia anak minimal 5 tahun, agar fisiknya sudah kuat jika diajak backpacker-an.
  4. WAJIB membawa jaket hangat, minyak kayu putih, tolak angin, parasetamol, dan P3K lainnya yang dianggap perlu. Bahkan jika niat mengunjungi banyak tempat, bawa plester koyo penghilang pegal2.
  5. WAJIB bawa tumbler untuk isi ulang air minum, untuk efisiensi pembelian air mineral.
  6. WAJIB punya paket kuota internet, setidaknya untuk orang tua (ayah ibu). Meski ada koneksi wi-fi, tetap harus memiliki koneksi internet sendiri. Paket 3x24 jam di beberapa provider tanah air, harganya sudah cukup terjangkau, jadi tidak perlu beli kartu baru.
  7. Jika membawa 2 anak, maka masing2 orang tua harus menjaga 1 anak. Jika fisik anak sudah kuat, bisa diminta membawa tas ransel berisi tumbler, snack, obat P3K, payung kecil, dan sedikit pakaian ganti.
  8. Pastikan telah memiliki peta itenary dengan jelas, nama tempat, jenis transportasi umum, jarak dan estimasi waktu yang dibutuhkan. Kedua orang tua harus tahu, jangan mengandalkan hanya kepada 1 orang (bapak/ibunya saja). 
  9. Bagi muslim, agar berhati-hati dalam memilih makanan di restoran atau food court. Jangan sungkan bertanya "is it Halal or not?" "No pork no lard?" Usahakan ada kombinasi sayuran berkuah (soup), agar pencernaan anak2 tetap baik.

-----------------
Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat bagi rekan2 yang berencana mengajak keluarga kecilnya, 4 the 1st time bepergian ke LN secara lebih efektif dan EFISIEN.

0 comments:

Post a Comment