Wednesday, April 22, 2015

Socmedpreneur dan Fenomena Arti Nama


Socmedpreneur dan Fenomena Arti Nama
Oleh: Budi Setiawan

Budi Setiawan
Nama anda memiliki makna sebagai pribadi yang energik, tangguh dan kokoh dalam menghadapi badai... dan seterusnya...
Akhir-akhir ini para penduduk Fesbuk nampaknya cukup menikmati aplikasi hiburan yang belum diketahui siapa pembuatnya ini. Ada yang kegirangan karena merasa "tepat/sesuai" dengan kondisinya, ada juga yang tersenyum bahkan tertawa membaca hasilnya.
Apapun nama yang diinput pada aplikasi tersebut, pasti menampilkan "terjemahan" dengan hasil yang positif. Tak heran kemudian aplikasi ini digunakan untuk lucu-lucuan sampai sindir-sindiran. Nama "Iblis" hingga "The Nyinyirs" turut dicari "arti namanya".

Saya mencoba membahas dari sudut pandang yang mungkin masih sedikit mendapat perhatian. Coba perhatikan content dari website (aplikasi) tersebut, terdapat tampilan iklan (ads) bukan? Coba perhatikan pula topik iklan yang muncul, penempatan hingga warna teks-nya. Yups, the ads perfectly blending. Apakah kita peduli? jawabannya relatif. Namun yang jelas kita umumnya peduli akan kesenangan, terpuaskannya "rasa penasaran" dan "hawa nafsu" kita memahami arti sebuah nama.
Perhatikan sub domain dari situs tersebut, ada yang diberi sub domain id (untuk hasil dalam Bahasa Indonesia) dan sub domain en (results in English). Cerdik nian pembuat web tersebut. Traffic pengunjung web tersebut akan meningkat signifikan, seiring dengan semakin meningkatnya trend penggunaan aplikasi tersebut oleh penduduk Fesbuk.

Sementara kita asyik bermain dengan web tersebut dengan beragam aplikasinya, bahkan juga ada sebagian di antara kita yang sibuk menasehati agar tidak "tersesat" mempercayai ramalan, bagaimana dengan pemilik web? Kalau saya yang jadi pemilik/pembuatnya, mungkin saya akan "haha hehe" menikmati keberhasilan ini. Menghibur banyak orang dan tentunya menguntungkan, lumayan harga dolar lagi mahal. Mereka yang butuh sugesti positif, terpenuhi. Mereka yang butuh hiburan, terpenuhi. Mereka yang butuh contoh agar jangan percaya ramalan, juga terpenuhi. Mantap kan?

Socmedpreneur... istilah itu baru saya ketahui sejak era pilpres 2014 di tengah medan perang dunia maya (baca: media sosial). Jika saya definisikan, mungkin dapat dipahami sebagai wirausaha dengan memanfaatkan media sosial. Heboh web "terjemah nama" menurut saya bisa juga dikelompokkan sebagai socmedpreneur. Mengapa? Keberadaan web ini secara efektif menggunakan viral marketing melalui socmed dan terbukti berhasil. Penduduk fesbuk "berlomba2 menggunakan dan membagikan hasilnya di akun mereka. Setiap kali pengguna me-running aplikasi ini, setiap kali itu pula iklan secara random ditampilkan. Pemilik/pembuat web secara cerdik mampu mengundang visitor dan "bermain" di sana.

Jika kita ingin menjadi socmedpreneur atau berwirausaha dengan menggunakan social media, maka kata kunci yang mutlak harus digunakan adalah "Content, Visitors, Traffic". Benefit dari iklan yang muncul di web hanyalah satu dari sekian benefit lain yang dapat diperoleh (misal: direct selling, affiliate, transaction fee, etc).

Upaya meraih visitors dan high traffic, sebaiknya tidak dengan cara-cara maupun content yang tidak/kurang baik. Meski dahsyat, socmedpreneur dengan cara-cara seperti menulis content provokatif, opini tak berdasar, copas, bahkan fitnah, usahakan dihindari. Masih banyak cara-cara kreatif lain yang dapat dipilih, contohnya pada web "arti nama".

Semoga bermanfaat
Budi Setiawan
Blog: budisetiawan999.blogspot.com smile emoticon
Re-post dari status Facebook tanggal 22/04/2015

0 comments:

Post a Comment