Sunday, October 11, 2015

Strategi Zuckerberg dan Sandberg Membangun Strategi Bisnis Jangka Panjang Facebook


Facebook, siapa yang tak mengenalnya? Setiap orang yang terbiasa menggunakan akses internet dalam kehidupan sehari-hari dapat dipastikan mengetahui dan bahkan menggunakan media sosial ini untuk berinteraksi/berkomunikasi melalui dunia maya dengan orang lain. Facebook merupakan jejaring sosial yang bermarkas di Menlo Park California, diluncurkan pertama kali pada 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg bersama dengan rekan kuliahnya yakni Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Saat ini Facebook disinyalir telah memiliki pengguna aktif lebih dari 1,18 miliar pada Agustus 2015.

Strategi Zuckerberg dan Sandberg memilih Diferensiasi dan Biaya Rendah Jangka Panjang untuk membangun strategi bisnis jangka panjang Facebook, dikutip dari Buku Manajemen Strategis (Strategic Management-Formulation, Implementation, and Control) halaman 245, dari John A. Pearce II dan Richard B. Robinson, Jr, disampaikan berikut ini.


Suatu penekanan yang dramatis dalam memotong biaya dan pertumbuhan masa depan terjadi pada 2009-meskipun di Silicon Valey. Tidak di Facebook. Pendiri dan CEO, Mark Zuckerberg, bersama dengan VOO Sheryl Sandberg, menekankan pada pertumbuhan yang dipercepat pada basis pengguna di seluruh dunia untuk membangun suatu situs untuk 30 tahun mendatang, sedangkan mereka juga membuat basis untuk secara signifikan membedakan facebook dari model bisnis jejaring sosial yang telah ada.

Kepemimpinan Biaya Rendah
Penekanan Facebook untuk secara agresif mengejar pertumbuhan secara berkelanjutan, meskipun dalam kondisi depresi ekonomi global, adalah-pada intinya- suatu cara untuk membangun skala ekonomi bertahun-tahun yang memungkinkan Facebook sebagai pemimpin biaya di antara situs jejaring sosial pada nilai yang dapat menawarkan para pengiklan dan pelanggan lainnya yang menginginkan ekspos terluas setiap dolar yang dibayar dalam jejaring sosial untuk uang yang cepat, ujar Sheryl Sandberg. "Kami berada dalam permainan ini untuk waktu 20 hingga 30 tahun." Oleh karena itu, dalam depresi ekonomi global, Facebook tidak memotong biayanya, melainkan memindahkan pemilik iklan yang menghasilkan pendapatan dan mengolah versi Facebook dalam beberapa bahasa, seperti Perancis, Kanada, Tagalog, Xhosa, dan Arab. Zuckerberg berkata "Sebuah situs jejaring sosial yang dapat menghubungkan orang-orang dengan teman-temannya di Arab Saudi atau Filipina atau Tonga merupakan sesuatu yang lebih berharga dibandingkan dengan jejaring sosial yang tidak dapat melakukan hal yang serupa." Dengan demikian, Facebook juga secara agresif mencari peluang akuisisi di Brasil, Jerman, India, dan Jepang sebagai "suatu cara kita untuk mengakuisisi geografi atau demografi," ujar CEO Gideon Yu. Oleh karena itu, jika hal ini berhasil, Facebook akan memiliki keunggulan yang memungkinkannya menawarkan para pengiklan keunggulan biaya tidak pararel dalam mencapai pengguna jejaring sosial pada basis global secara luas, atau pada latar belakang geografis dan demografis*

Diferensiasi-Gaya Facebook
Facebook menciptakan model bisnis yang dirancang untuk melampaui pengiklanan tradisional online. Facebook berusaha memiliki bisnis iklan, namun juga menciptakan iklan interaktif yang lebih menyerupai papan iklan digital dibandingkan papan iklan tradisional. Disebut iklan perikatan, seperti pengiklanan akan mencari komentar pada trailer film Tropic Thunder atau pemikiran mengenai peingklan terkait Facebook melalui koneksi individu dan pesan. Kaki kedua dari Facebook "baru" mengharapkan untuk membedakan dirinya dengan mencakup e-commerce-menjual item digital dan kado virtual, yang dijual dengan harga murah, seperti $1 per pop. Mengirim bunga digital, gitar digital, dan kado-kado virtual lainnya dari seorang pengguna Facebook kepada pengguna Facebook lainnya memiliki pertumbuhan yang cepat sebagai sumber pendapatan dan lebih penting, sebagai suatu cara untuk membedakan pengalaman pengguna jaringan Facebook., yang kemudian menciptakan suasana berbeda untuk pengiklan komersil. Ketiga, Facebook telah membuka dirinya bagi pencipta/wirausaha perangkat lunak yang dapat membuat aplikasi pada Facebook sehingga para pengiklan membayar pencipta aplikasi tersebut (selama relevan) dan Facebook juga menikmati hasilnya.

* "Facebook Lures Advertiser at MySpace's Expense", BusinessWeek, 9 Juli 2009; "Zuckerberg on Facebook's Future", BusinessWeek.com, 6 Maret 2008; dan "Facebook's Sheryl Sandberg", BusinessWeek.com, 9 April 2009

Referensi:
Pearce II, J. A dan Richard B. R., Jr. 2013. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control, 12th ed. McGraw-Hill Education 

0 comments:

Post a Comment